Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Perbedaan Konsumen dan Pelanggan serta Pembagiannya



Dalam dunia marketing sangat sering kita jumpai istilah konsumen dan pelanggan. Tidak sedikit orang yang menganggap bahwa konsumen dan pelanggan adalah hal yang sama hanya berbeda huruf, padahal meski serupa mereka tidaklah sama
            Konsumen adalah  orang yang memakai atau menggunakan segala barang dan jasa yang dihasilkan oleh produsen. Konsumen merupakan tujuan akhir dari sebuah bentuk pemasaran.Konsumen berbeda dengan pelanggan.Tidak semua konsumen dapat dikatagorikan pelanggan namun,  semua pelanggan adalah konsumen.Konsumen adalah orang yang memakai barang dan jasa namun pada waktu tertentu saja sedangkan pelangan adalah orang yang sudah setia dan percaya pada merek tertentu dan menggunakan dalam jangka waktu tetap.Konsumen dan pelanggan terdiri dari beberapa type.Dengan memahami tipe-tipe ini, pemasaran/ marketing akan lebih efektif. Adapun type konsumen ( Jenis konsumen berdasarkan perilaku pembelian) menurut Paul Smith yaitu :

1.      The learning custumers : Dalam bentuk ini, konsumen adalah tipe yang lebih mengutamakan pengetahuan atau pendapatnya tentang suatu produk yang dipasarkan sebelum dibeli.

2.      self justifying customers : Bentuk ini, pelanggan atau pembeli ketika memiliki buying problem atau mendapatkan masalah misalnya kehabisan sabun mandi atau lapar karena kecapean sehabisolah raga, maka mereka akan langsung membeli baru kemudian menilai barang yang sudah mereka dapatkan.

3.      The routine custumers : The routine customers hampir sama dengan self justifying customers, bedanya the routine customers adalah seorang customers yang tetap dan setia, dimana customers adalah pelanggan yang setia terhadap satu merek produk. Misalnya, seorang ibu yang mau berbelanja ke pasar ingin membeli sabun cuci piring si ibu tidak akan membeli merek lain selain sabun ekonomi karena menurutnya sabun ekonomi adalah sabun yang paling bagus.


4.      The profesional customers :Tipe pelanggan ini hampir sama dengan learning customers, dan biasa dipakai oleh pedagang-pedangan untuk menawar harga. Bedanya dimana the profesional customers berdiskusi dengan penjual dalam membeli barang, sedangkan learning customers berpikir sendiri tentang barang yang akan dia beli.

5.      Profiling the customers : customers melihat kondisi dan situasi kehidupannya pada saat akan membeli barang. Seperti contoh, ketika sebuah keluarga sederhana akan memasukkan ketiga anak laki-lakinya ke sekolah, maka orang tua akan memikirkan matang-matang biaya yang akan dikeluarkan, sehingga banyak yang dibeli dipedagang kakilima atau pasar murah.

Sedangkan pelanggan dapat dibagi kepada :
1.      Pelanggan Internal ( Internal Customers); adalah orang yang berada didalam organisasi ( perusahaan)dan memiliki pengaruh pada kinerja pekerjaan ( perusahaan kita).
2.       Pelanggan antara ( intermediate custumer ) yaitu mereka yang bertindak/ berperan sebagai perantara, buka sebagai pemakai akhir prduk itu.
3.      Pelanggan eksternal ( eksternal customer ), yaitu pembeli atau pemakai akhir produk itu, yang sering disebut sebagai pelanggan nyata ( real customers).

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Herscollection mengatakan...

halo aku boleh tau itu paul smith dalam buku apa yah? untuk skripsi soalnya :(
thanks :)

Posting Komentar